Newsdetik24

Website News Terviral di Indonesia

Inet

Sangat Canggih, Ada Aplikasi Pendeteksi Berita Palsu

Sangat Canggih, Ada Aplikasi Pendeteksi Berita Palsu

Sangat Canggih, Di Jaman Yang Terus Berkembang Ini Ada Aplikasi Yang Dapat Mendeteksi Berita Yang Palsu Atau Hoax.Dapat kita ketahui, di jaman sekarang ini banyak perkembangan yang kadang tidak masuk akal. Sebenarnya tanpa bantuan aplikasi kita bisa mendeteksi sebuah berita itu fakta atau hoax. Walaupun sedikit lebih ribet tapi ada cara yang dapat kita ikuti untuk mengetahui sebuah berita ini fakta atau hanya hoax. Kita dapat mendapatkan berita dari mana saja, baik dari internet, broadcast atau dari media koran. Walaupun koran di jaman sekarang sudah jarang orang memilihnya untuk mendapatkan informasi, namun koran tetap ada di pasaran.

Berita yang ada di internet dapat meningkatkan literasi untuk sebagian orang. Di era digital yang canggih ini, penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Tapi, karena kemajuan teknologi, muncul juga ancaman berita palsu atau hoax yang dapat menyesatkan dan merugikan bagi pembacanya. Hoax dapat menyebar dengan cepat melalui media social dan platform daring lainnya, membuat penting untuk kita lebih paham tentang ciri – ciri berita hoax. Beberapa masyarakat masih menerima informasi mentah tanpa mengecek sumber dari berita yang di bacanya. Tidak sedikit kasus masyarakat yang gempar karena adanya berita palsi yang tersebar. Padahal, untuk penyebaran berita palsu sangat di larang malah sampai ada hokum untuk penyebaran berita palsu.

Solusi untuk mengetahui apakah suatu berita ini hoax atau tidak di era digital ini semakin mudah. Tools dapat mengecek suatu berita hoax atau fakta dapat menjadi kunci untuk melihat informasi ini asli atau palsu. Pemerintah Indonesia di naungi oleh Kominfo membuat tools baru yaitu Mafindo. Mafindo bekerja sama dengan Kominfo untuk mengembangkan tools anti hoaks bagi masyarakat Indonesia. Tools ini bertujuan membantu masyarakat dalam mengidentifikasi kebenaran sebuah informasi. Selanjutnya akan kita bahan mengenai aplikasi apa saja yang dapat menyaring berita.

Sangat Canggih, Berikut Aplikasi Yang Dapat Menyaring Berita Hoax Atau Faktau

Kehadiran internet tanpa kita pungkiri memperudah kehidupan kita. Akan tetapi, dengan kemudahan yang di tawarkan banyak ancaman yang muncul dan dapat merugikan masyarakat. Salah satu ancaman itu adalah kesalahan informasi atau disinformasi. Sering sekali masyarakat mendapatkan berita hoax sehingga inforasi yang di dapatkan menjadi keliru karena tidak sesuai dengan fakta yang ada. Dan dengan kecanggihan yang di tawarkan di era digital ini ada aplikasi yang dapat mendeteksi apakah sebuah berita hoax atau fakta.  Mafindo atau Masyarakat Anti Fitnah Indonesia adalah salah satu institusi yang melawan disinformasi mengajak masyarakat untuk dapat mengiperasikan internet dengan benar. Sangat Cangguh, Berikut Aplikasi Yang Dapat Menyaring Berita Hoax Atau Fakta.   

  1. Aplikasi Hoax Buster Tools

Kominfo bekerja sama dengan Mafindo merilis aplikasi berbasis Android bernama Hoax Buster Tools ( HBT ). Aplikasi ini dapat mencari tahu kebenaran sebuah informasi baik berupa foto, video, ataupun berita. Aplikasi ini dapat di unduh dengan gratis oleh masyarakat di Google Play Store. Tapi, sangat di sayangkan aplikasi ini hanya tersedia di smartphone dengan system Android. Walaupun seperti itu, aplikasi ini nyatanya dapat membantu masyarakay dalam membedakan sebuah berita hoax atau fakta.

  1. Chatbot Kalimasada
    Aplikasi ini mampu memberikan fakta dari informasi yang sedang kita cari. Melalui chatbot ini, masyarakat dapat memeriksa informasi, lapor hoax, hingga mencari fakta – fakta terbaru. Chatbot kalimasada akan menjelaskan secara rinci berbagai informasi yang berkaitan dengan keyword. Aplikasi ini dapat di akses melalui nomor +6285921600500 dan perlu di ingat bahwa nomor tersebut hanya dapat di akses melalui aplikasi WhatsApp. Pengguna dapat mengirimkan keyword bebas mengenai suatu topik untuk di verifikasi. Kemudian pengguna dapat memilih menu untuk keyword tertentu yang telah di sediakan Mafindo di chatbot ini. Dari cara ini dapat mempermudah masyarakat mengetahui suatu informasi valid hoax atau fakta.

 

  1. Website Cekfakta.com

    Website ini masih hasil karya dari Mafindo, akan tetapi kali ini sama dengan Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) dan Asosiasi Media Siber Indonesia ( AMSI ) . Website Cekfakta.com dapat memverifikasi informasi dengan cara jauh lebih sederhana. Pengguna hanya perlu mengakses laman resmi mereka di web yang telah di sediakan.  Kemudian mengetik keyword di kolom pencarian yang sudah di sediakan.

 

  1. Google Images
    Selain keyword, cara yang dapat di lakukan untuk mencari informasi berupa foto. Dengan cara memverifikasi foto yang mungkin saja telah di edit untuk memprovokasi pembaca. Proses verifikasi ini dapat di gunakan dengan cara melakukan drag-and-drop ke dalam kolom pencarian Google Image. Selanjutnya, Google Image akan menampilkan gambar – gambar serupa yang dapat pengguna bandingkan informasinya.

 

Ini adalah beberapa tools yang dapat di akses pengguna agar dapat mencari informasi terkait apakah suatu berita hoax atau fakta. Sangat canggih bukan? Ini sangat mempermudah pengguna untuk dapat mencari suatu informasi yang beredar di internet. Selain itu pengguna juga dapat mengakses beberapa website tersebut dengan mudah hanya dari smartphone milik pribadi. Namun edukasi upaya diri juga sangat di perlukan agar meningkatkan literasi digital dan pengetahuan tentang cara mengenali hoax.

Pahami cara kerja hoax dan strategi yang di gunakan untuk menyebarluaskannya. Penyebar hoax biasanya orang yang tidak bertanggung jawab namun ingin mendapatkan keuntungan dari apa yang di sebarkannya. Dasar berita yang di sebarkan juga biasanya tidak jelas dari mana. Atau bisa saja orang yang menyebarluaskan adalah orang yang kurang kerjaan. Membuat berita yang asal agar bisa berita yang di buat viral. Sangat di sayangkan orang – orang seperti itu masih banyak berkeliaran di mana saja. Padahal berita yang di buatnya adalah berita yang mengada – ada. Di harapkan orang yang seperti itu di berantas agar tidak meresahkan masyarakat. Bisa saja hanya dari sepenggal foto yang di ambil tanpa izin akan di buat berita yang sangat di lebih – lebihkan.

 

Cara Untuk Mengetahui Sebuah Berita Hoax Atau Asli

Berita yang berseliweran di era digital ini sangat banyak. Mulai dari artikel maupun berita yang di sebarkan melalui broadcast aplikasi mana saja. Maka dari itu sebelumnya sudah di jelaskan tentang apa Cara Untuk Mengetahui Sebuah Berita Hoax Atau Asli dengan menggunakan aplikasi. Sebenarnya ad acara yang di lakukan manual untuk mengetahuinya. Untuk cara yang manual Anda bisa lihat berita dengan judulnya terlebih dahulu. Jangan langsung terprovokasi sama judul yang kadang di lebih – lebihkan. Kemudian Anda bisa cermati alamat situs yang menyebarluaskan berita tersebut. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai situs pers resmi, maka bisa jadi informasinya tidak valid. Kemudian Anda bisa juga dengan melihat keaslian foto yang menjadi dasar berita tersebut. Inilah cara mencari berita hoax yang Sangat Canggih.

Exit mobile version