Newsdetik24

Website News Terviral di Indonesia

Food

Lebih Baik Telur Ayam Omega Atau Telur Ayam Biasa?

Lebih Baik Telur Ayam Omega Atau Telur Ayam Biasa?
Lebih Baik Telur Ayam Omega Atau Telur Ayam Biasa?

Lebih Baik Telur Ayam Omega Atau Telur Ayam Biasa Akan Di Bahas Di Sini Agar Dapat Lebih Bijak Dalam Mengkonsumsi Telur. Sekarang lagi trend telur ayam organik yang marak di jual di pasaran dengan nama telur omega 3. Sebelum mengetahui lebih baik telur yang mana antara telur ayam organik atau telur biasa, kita harus cari tahu dahulu pengertian dan sumber dari telur tersebut. Kandungan apa, dan bagaimana proses terjadinya telur sebaiknya kita mencari tahunya terlebih dahulu. Walaupun yang kita ketahui bahwasannya telur adalah sumber protein yang tinggi. Dengan harga yang murah kita dapat mengkonsumsi telur dengan kandungan kaya akan protein.

Telur organik merupakan telur yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Telur ini dikatakan lebih sehat dari pada telur biasa. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum memakan telur ini. Kemudian bisa di bedakan dari apa yang di makan ayam petelurnya. Seperti mendapat pakan organik dan air yang bersih. Tidak di besarkan hanya di dalam kandang, tapi juga harus di bawa ke lingkungan luar. Lalu ayam petelur itu terbebas dari berbagai jenis bahan kimia, termasuk dalam pakan atau obat-obatan. Itu adalah pengertian dari telur ayam organik atau biasa di kenal sebagai telur omega 3. Dari segi ayam petelurnya memang sudah kualitas yang sangat terbaik. 

Telur ayam pun memiliki beragam jenis, mulai dari telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur ayam organik, atau bahkan telur omega 3. Di bandingkan telur lainnya, telur omega 3 adalah salah satu telur yang memiliki harga jauh di atas harga rata-rata telur pada umumnya. Namun, telur jenis ini memiliki khasiat yang lebih banyak. Walaupun telur ayam biasa juga memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh, tapi telur omega memiliki kualitas lebih di atas jenis telur yang lain.

Lebih Baik Mana Antara Telur Ayam Omega Dan Telur Ayam Biasa

Sudah di jelaskan di atas menganai jenis telur sangat beragam. Seperti telur ayam kampung, telur ayam biasa, telur ayam organik dan telur ayam omega 3. Telur ayam omega 3 menjadi kualitas teratas dengan kualitas telur ayam terbaik. Di sini akan kita bahas mengenai Lebih Baik Mana Antara Telur Ayam Omega Dan Telur Ayam Biasa. Karena walaupun telur menjadi sumber protein dengan harga yang murah, namun jenis telur omega menjadi telur yang memiliki harga yang di atas dari harga telur ayam lainnya.

Perbedaan telur omega dengan telur biasa bisa di lihat dari perawatan yang di lakukan kepada ayam petelurnya. Telur omega 3 di hasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus yang mengandung lebih banyak omega 3. Misalnya minyak alga laut atau minyak biji rami, sehingga akan memperbanyak kandungan omega 3 di dalam telur yang di hasilkan nantinya. Sedangkan untuk ayam telur biasa di beri pakan oleh peternak ayam semestinya untuk makanan ayam. Walaupun baik juga untuk perkembangan ayam petelurnya, namun kandungan pakan lebih baik ayam petelur omega dari pada ayam petelur biasa.

Perbedaan  yang bisa di lihat adalah tekstur dari kuning telur. Pada telur omega, kuning telur cenderung lebih besar dan warnanya kuning pekat mendekati oranye. Sedangkan pada telur biasa, warna kuning telur lebih terang dan ukurannya lebih kecil. Kandungan omega 3 di dalam telur omega sesuai dengan namanya, menjadi pembeda dari telur ini dengan telur ayam biasa. Sebenarnya, telur biasa juga mengandung omega 3, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dari telur omega 3. Selain itu, kandungan kolesterol pada telur ini 50% lebih sedikit ketimbang telur ayam biasa. Selanjutnya, perbedaan yang paling mudah di lihat dari kedua jenis telur ini yaitu terletak di harganya. Telur omega 3 di banderol dengan harga yang lebih tinggi ketimbang telur ayam biasa di pasaran.

Manfaat Dari Telur Ayam Omega 3

Setelah mengetahui perbedaan dari telur ayam omega dengan telur ayam biasa, selanjutnya akan di jelaskan tentang Manfaat Dari Telur Ayam Omega 3. Walaupun sama dengan ayam telur lainnya namun telur ayam omega pasti memiliki kandungan yang jauh lebih baik dari telur ayam lainnya. Berikut akan di jelaskan tentang manfaat tersebut :

  • Meningkatkan kesehatan otak, termasuk kemampuan berpikir, konsentrasi dan mengingat.
  • Menurunkan risiko penyakit terkait otak, seperti penyakit Alzheimer
  • Dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena dapat mengencerkan darah dengan baik dan kandungan yang baikdi dalamnya yang baik untuk jantung.
  • Mengurangi gejala ADHD atau hiperaktiv pada anak
  • Memperkuat sistem imunitas tubuh
  • Mendukung pembentukan dan kekuatan otot serta tulang
  • Memproduksi hormon dan enzim di dalam tubuh
  • Meningkatkan kolesterol baik
  • Mendukung perkembangan otak janin
  • Menurunkan risiko terkena katarak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perbedaan telur biasa dan omega 3 ada pada kadar omega 3-nya. Telur omega-3 juga ternyata memiliki kandungan asam lemak jenuh terendah dari semua telur. Maka tidak heran, telur omega 3 lebih kaya manfaat di bandingkan jenis telur lainnya. Kandungan ALA dan DHA dalam telur omega 3 yang lebih banyak ini berfungsi untuk merawat kesehatan, karena memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Omega 3 juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kardiovaskuler untuk jantung, meningkatkan perkembangan otak bayi, mencegah demensia, menjaga kesehatan mata, mengurangi depresi, bahkan menjauhkanmu dari kanker. Banyaknya kandungan yang baik di telur omega membuat telur ini banyak di cari bagi konsumen. Walaupun harganya sedikit mahal dengan harga telur lainnya, namun bagi konsumen yang ingin mengambil khasiat lebih dari telur menjadi mencarinya. 

Cara Menyimpan Dan Memasak Telur Omega Dengan Baik

Meski gizinya banyak dan memiliki cangkang yang tidak mudah pecah, konsumen tetap harus memperhatikan Cara Menyimpan Dan Memasak Telur Omega Dengan Baik. Sebab, jika hal ini tidak di lakukan dengan tepat, bisa saja bakteri salmonella yang terdapat dalam isi telur maupun cangkang menyebar. Sehingga, bakteri tersebut dapat membuat orang yang mengonsumsinya mengalami keracunan.Berikut penjelasannya : 

Jangan gunakan lagi telur yang sudah rusak cangkangnya, karena risiko terkontaminasi bakteri menjadi semakin tinggi. Kemudian jauhkan telur dari makanan lain agar lebih aman dan simpanlah di lemari es dengan temperatur di bawah 4 derajat celsius. Lalu konsumsi telur segera setelah di masak, tetapi untuk telur yang sudah di rebus jangan sampai menyimpannya lebih dari 2-3 hari. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum dan setelah menyentuh atau memasak telur. Terkahir bersihkan semua peralatan masak yang digunakan untuk memasak telur. 

Setelah mengetahui banyaknya kandungan baik di telur omega 3, bisa jadi banyak yang beralih untuk mengkonsumsi telur omega 3. Apa lagi bagi konsumen yang sangat memperhatikan tentang kualitas suatu produk makanan untuk kesehatan. Dan yang paling penting suatu produk makanan seperti telur yang Lebih Baik