Newsdetik24

Website News Terviral di Indonesia

Health

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tensi Darah Tinggi

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tensi Darah Tinggi
Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tensi Darah Tinggi

Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tensi Sedang Naik Atau Sedang Tinggi Pasti Akan Menimbulkan Reaksi Pada Tubuh Penderitanya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi pada manusia yang berusia mulai dari 16 tahun. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi mengalami gejala yang timbul pada tubuhnya. Banyak penyebab yang mengakibatkan tekanan darah menjadi naik. Mulai dari faktor internal maupun eksternal bisa mempengaruhi tekanan darah seseorang. Gaya hidup juga dapat mempengaruhi terkait tekanan darah seseorang. Di takutkan dari naiknya tekanan darah adalah penyakit jangka panjang seperti stroke bahkan pecah pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lebih tinggi atau di atas tekanan darah normal. Kondisi ini menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi. Kondisi ini tidak bisa di sepelekan, karena dapat memicu berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tekanan darah yang normal adalah sekitar 100-140 mmHg untuk sistoliknya, dan 60-90 mmHg untuk diastoliknya. Jadi, seseorang akan di diagnosis mengidap tekanan darah tinggi jika hasil tensinya menunjukkan angka di atas 140/90. Kondisi peningkatan tekanan darah di dalam arteri dapat meningkat jika seseorang mengalami darah tinggi.  Adanya peningkatan yang tidak normal tersebut, akan menyebabkan peningkatan berbagai penyakit tidak menular seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung hingga kerusakan pada ginjal. 

Meski sebagian para penderita darah tinggi tidak merasakan gejala, namun terdapat beberapa gejala umum yang akan di rasakan oleh penderita darah tinggi apabila tidak segera mendapatkan penanganan dan bahkan sampai menahun. Maka dari itu sebaiknya cek tensi darah setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Agar jika tekanan darah naik dapat di antisipasi dengan cepat. Akan lebih baik jika menerapkan gaya hidup sehat agar tekanan darah tidak naik dan penyakit lainnya akan timbul.

Yang Terjadi Dan Yang Di Rasakan Pada Tubuh Saat Tekanan Darah Naik

Tekanan darah tinggi tergolong kondisi yang serius, apalagi jika tidak terkontrol. Ada banyak risiko penyakit berbahaya yang mengintai. Serangan jantung, stroke, gangguan ginjal hingga disfungsi seksual komplikasi yang bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi. Pengidap perlu melakukan pengelolaan dengan mengubah gaya hidup, bila perlu mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Namun bagi penderita akan mengalami gejala yang dapat di rasakan di tubuhnya. Yang Terjadi Dan Yang Di Rasakan Pada Tubuh Saat Tekanan Darah Naik akan di bahas di sini. 

1. Sakit Kepala

Sudah di jelaskan sebelumnya tekanan darah yang tinggi membuat darah mengalir dengan tekanan yang lebih tinggi dari biasanya ke dalam pembuluh darah yang lebih kecil pada otak. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, sakit kepala akibat tekanan darah tinggi, akan berbeda dengan pusing yang hanya menimbulkan sensasi kepala berputar. Sakit kepala akibat darah tinggi biasanya memicu nyeri yang berdenyut pada kepala.

2. Sesak Napas

Tekanan darah yang tinggi memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini menyebabkan bagian ventrikel kiri jantung menebal. Menebalnya jantung ventrikel kiri jantung dapat menyebabkan gagal jantung ringan yang menimbulkan gejala tertentu. Mulai dari sesak napas, nyeri dada, batuk terus-menerus, bengkak pada kaki, dan kelemahan. Itu yang terjadi jantung jika tekanan darah meningkat

3. Mimisan

Salah satu yang di rasakan tubuh saat darah tinggi selanjutnya yang perlu di waspadai adalah mimisan. Mimisan dapat terjadi karena tekanan darah tinggi mempengaruhi pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah hidung menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan lebih banyak mengeluarkan darah.

4. Nyeri Dada

Tekanan darah tinggi dapat merusak arteri sehingga menjadi kurang elastis. Penurunan elastisitas arteri akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, penurunan aliran darah ke jantung dapat menyebabkan jenis Nyeri Dada. Kondisi ini sangat di khawatirkan bagi penderita karena di takutkan menjurus ke gagal jantung.

5. Perubahan Pada Penglihatan

Perubahan Pada Penglihatan seperti pandangan kabur merupakan salah satu gejala darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah mata. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan pandangan menjadi kabur. Selain itu, darah tinggi juga dapat menyebabkan peradangan pada retina atau lapisan penglihatan dalam mata. Karena kondisi itu juga dapat menyebabkan pandangan kabur. Namun, pandangan kabur juga dapat menjadi indikasi beberapa masalah mata lainnya. Misalnya seperti katarak atau glaukoma.

Ini adalah beberapa gejala yang di rasakan pada tubuh saat tekanan darah sedang naik. Walaupun di setiap orang memiliki gejala yang berbeda bahkan ada yang tidak merasakan gejalanya sama sekali. Namun di khawatirkan untuk menjaga agar tekanan darah jangan sampai lewat pada batas normalnya. Darah tinggi terbagi atas dua yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder.

Hipertensi primer merupakan hipertensi jenis ini terjadi karena alasan medis yang tidak bisa di pastikan. Biasanya, hipertensi primer terjadi karena dipicu oleh faktor-faktor non-medis seperti stres, aktivitas yang tidak seimbang, gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, depresi, banyaknya beban pikiran dan kelelahan. Sedangkan hipertensi sekunder adalah terjadi karena pengaruh kondisi media yang jelas.Misalnya, efek samping dari gangguan-gangguan pada organ tubuh, seperti ginjal atau arteri. Sangat berbeda dengan hipertensi primer, hipertensi sekunder sangat berbeda penyebabnya. 

Yang Harus Di Lakukan Jika Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi kadang di sebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi paling sering terjadi karena faktor gaya hidup. Namun ada Yang Harus Di Lakukan Jika Tekanan Darah Tinggi. Berikut akan di jelaskan apa yang harus di lakukan jika darah tinggi.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang khususnya yang baik untuk jantung. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Rutin berolahraga dapat membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah secara alami, dan memperkuat sistem kardiovaskular. Jadi, lakukanlah aktivitas fisik minimal 30 menit sebanyak lima kali seminggu. Kemudian stres yang terkelola dengan baik dapat menurunkan risiko alami tekanan darah tinggi. Karena itu, cobalah untuk melakukan hal yang dapat membantu mengurangi stres. Misalnya seperti meditasi, mengatur pernapasan, pijat, relaksasi otot dan tidur yang cukup. 

Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti. Sebab, zat kimia dalam asap tembakau merusak jaringan tubuh dan mengeraskan dinding pembuluh darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Membatasi asupan alkohol. Minum banyak alkohol dapat memengaruhi otot pembuluh darah sehingga menjadi lebih sempit. Hal ini menyebabkan naiknya tekanan darah. Dan di khawatirkan timbul penyakit serius lain. Hiduplah dengan pola hidup sehat agar terhindar dari komplikasi penyakit lainnya. Inilah cara mengatasi dari tekanan darah tinggi Yang Terjadi.